Kamis, 22 Mei 2008

Generasi Muda Wajib Menghargai Dan Menghormati Jasa Para Pahlawan

Pahlawan sebagai orang yang memiliki jasa yang sangat besar bagi perjuangan dan mempertahankan kemerdekaan republik Indoneia patut menjadi panutan dan contoh bagi setiap individu generasi muda terlebih semangat juang para pahlawan tersebut harus tetap melekat pada diri generasi muda khususnya dalam mengisi pembangunan Indonesia di era globalisasi dan moderenisasi saat ini.

Hal tersebut dikatakan Kepala Dinas Pendidikan kabupaten Banjar Drs. H. Fathurrahman pada saat melepas kontingen Napak Tilas Jejak Pahlawan kabupaten Banjar tahun 2007, pada Jum’at (9/11) di halaman kantor Dinas Pendidikan Nasional setempat.

Menurutnya, napak tilas jejak pahlawan merupakan sebagai wahan pembalajaran yang sangat positif bagi generasi muda dalam rangka menghargai serta mengetahui secara langsung, sejauhmana perjalanan para pejuang dan pahlawan untuk merebut dan mempertahankan kemerdekaan negara republik Indonesia dari para penjajah.

H. Fathurrahman menjelaskan, banyak pelajaran yang sangat penting dan perlu menjadi bahan pemikiran dan telaahan bagi generasi muda, dimana dalam prosesi merebut dan mempertahankan kemerdekaan para pejuang rela berkorban harta dan benda ahkan tenada serta keluarga. Untuk itu para generasi pemuda dapat merasakan dan menelusuri beberapa tempat yang mnejadi lokasi perjalanan atau tempat peristirahatan para pejuang baik dalam menyusun setrategi perang ataupun melakukan penyerangan terhadap basis-basis pertahanan musuh.

Mantan Sekretaris DPRD Banjar ini juga mengatakan, para peserta juga diajarkan tentang bagaimana sulitnya hidup pada masa-masa perjuangan kemerdekaan, selain itu para peserta juga diberi pembelajaran tentang arti sebuah pengorbanan dan perjuangan, dimana para pejuang dan para pahlawan secara ikhlas dan sukarela telah mengorbankan segalanya untuk mencapai kemerdekaan yang hakiki serta terbebas dari semua penjajahan baik itu penjajahan yang bersifat rohani maupun jasmani.

Sementara Pimpinan rombongan Matnor, S.Pd melaporkan, kegiatan napak tilas ertujuan untuk menanamkan tentang menghargai perjuangan para pahlawan yang ada di daerah-daerah Kalimantan Selatan pada generasi muda dan menanamkan sikap patriotisme dan semangat kejuangan serta mempererat persaudaraan dan persatuan dikalangan generasi muda. Kegiatan yang merupakan agenda rutin tahunan yang dikoordinir oleh pemerintah provinsi Kalimantan Selatan, dengan peserta utusan dari seluruh kabupaten/kota se-Kalsel.
Napak tilas yang akan pelaksanaannya dipusatkan di kabupaten Tanah Bumbu ini, akanm dilaksanakan dari tanggal 9 nopember sampai dengan 12 Nopember 2007. Rombongan napak tilas Kabupaten Banjar diperkuat oleh 14 orang peserta yang terdiri dari 5 orang peserta putri dan 5 orang peserta putra dengan jumlah pendaping dan tim kesehatan 4 orang.

Tidak ada komentar: