Kamis, 22 Mei 2008

AMANAT PANGLIMA TENTARA NASIONAL INDONESIA

Para Perwira, Bintara, Tamtama, dan Pegawai Negeri Sipil TNI di manapun bertugas dan berada,

Terlebih dahulu marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, atas segala limpahan rahmat dan karunianya, sehingga pada hari ini tanggal 10 November 2002 kita dapat memperingati hari pahlawan yang ke-57 dengan suasana penuh khidmat.

Peringatan hari pahlawan kali ini bertepatan dengan pelaksanaan ibadah puasa bagi umat Islam yang memasuki hari kelima. Selaku pimpinan TNI saya mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa semoga Tuhan Yang Maha Kuasa selalu memberikan kekuatan kepada kita semua dan semoga amal ibadah kita diterima oleh-Nya.

Para perwira, Bintara, Tamtama dan peserta upacara sekalian,

Setiap kali kita memperingati hari pahlawan, kita senantiasa merenungkan, menghayati dan mengingat kembali nilai-nilai kejuangan yang diwariskan oleh para pejuang dan pahlawan kemerdekaan pendahulu kita. Perjuangan bangsa Indonesia melawan penjajah pada saat itu dilaksanakan dengan penuh keikhlasan disertai pengorbanan baik berupa materi maupun jiwa dan raga tanpa memikirkan imbalan dan balas jasa.

Kemerdekaan bangsa Indonesia yang kita nikmati hingga saat ini adalah merupakan hasil perjuangan dan pengorbanan dari seluruh rakyat Indonesia pada waktu itu dalam mewujudkan cita-cita untuk membangun sebuah bangsa dan negara yang merdeka dan berdaulat serta adil dan makmur.

Dalam setiap peringatan hari pahlawan sesungguhnya mengandung makna sebagai wujud pernyataan untuk memperkokoh tekad pengabdian bangsa Indonesia termasuk TNI dalam melanjutkan perjuangan para pahlawan kusuma bangsa guna memelihara, menjaga dan mempertahankan keutuhan wilayah negara kesatuan RI yang diproklamasikan sejak tahun 1945.

Tidak ada komentar: